Papan Catur DGT (Digital Game Technology)

DGT chess e-Boards (Digital Game Technology)

Teman-teman mungkin sudah tidak asing lagi dengan papan catur, kebanyakan papan catur bentuknya bujursangkar, memiliki motif kotak-kotak berbentuk persegi yang ukuran sisi-sisinya sama, dengan warna pada umumnya berselang seling putih dan hitam.Namun, papan catur modern sekarang ini warnanya lebih bervariasi tidak hanya terpaku dengan kombinasi warna hitam dan putih. Jumlah kotak persegi warna hitam adalah 32 kotak dan warna putih  juga sama 32 kotak sehingga jumlah totalnya ada 64 kotak.

Tidak hanya itu pada beberapa papan catur diukir sederetan angka mulai dari 1-8 yang menunjukkan kolom dan huruf mulai dari A-H menunjukkan baris. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Deret huruf a-h (lajur baris) dan deret angka 1-8 (lajur kolom). (Ebay)
Deskripsi catur diatas berlaku untuk catur standar yang ada diseluruh dunia, termasuk juga papan catur DGT. Apa itu papan catur DGT? seperti judul diatas DGT singkatan dari  Digital Game Technology, apa sih artinya? saya kira teman-teman sudah dapat menerka artinya, ya papan catur DGT dapat dikatakan papan catur standar yang dapat diolah secara digital. Papan catur DGT ini dilengkapi dengan kabel USB untuk menghubungkan papan catur ke komputer. hal ini memungkinkan kita mempelajari langsung langkah-langkah permainan catur yang ada dikomputer bahkan bermain dengan engine catur sekaligus melalui papan catur ini.

Papan catur DGT dibuat dengan bahan baku kayu yang kompak dan tahan lama, untuk mendapatkannya tentunya harus membelinya dengan harga yang cukup mahal. Toko-toko olahraga di Indonesia saat ini belum ada yang menjual papan catur jenis DGT, untuk membelinya dapat secara online melalui website jual beli resmi seperti Amazon, Ebay dan lainnya. Harga satu set papan catur DGT dapat di lihat di sini.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman, jangan lupa komentar apabila ada kritik dan saran bagi penulis. Terima kasih
http://www.digitalgametechnology.com/ Laman
http://www.ebay.com/ Laman

Comments

Popular posts from this blog

Download Corel Draw X4 32 Bit Full Version

Download Houdini 4 Pro 32 & 64 Bit

Download Stockfish 8 32 & 64 Bit