Ada WC (Water Closet) di Luar Angkasa?

ISS (International Space Station) bagian luar stasiun luar angkasa. (NASA)
Pernahkah teman-teman melihat bagaimana para astronot di luar angkasa melakukan aktivitasnya sehari-hari? ya awalnya kita mengira aktivitas para astronot di luar angkasa hanya melayang-layang di dalam pesawat yang di rancang khusus untuk explorasi benda-benda luar angkasa, termasuk fenomena-fenomena yang terjadi di dalamnya. Lantas berapa lama mereka melakukan tugasnya di luar angkasa sana? tentunya lebih dari satu hari. Apabila waktu yang diperlukan untuk explorasi diluar angkasa hingga beberapa bulan sungguh cukup repot juga ya? bayangkan bagaimana kita tidur, mandi bahkan buang air kecil dan besar serta makan, mungkinkah dapat membawa peralatan masak, mandi dan tidur ke zona nol gravitasi, tentunya tidak mungkin semuanya pasti akan melayang-layang berantakan.

Ternyata di luar angkasa sudah tersedia fasilitas untuk semua pertanyaan kita diatas, fasilitas tersebut tersedia di ISS (International Space Station), disanalah para astronot dapat memenuhi kebutuhannya selama di luar angkasa.

Apa itu ISS?

ISS merupakan projek gabungan dari 16 negara: AS, Rusia, Jepang, Kanada, Brasil dan 11 negara dari Uni Eropa pastinya digunakan untuk menunjang serangkaian penelitian luar angkasa. Sejak tanggal 2 November tahun 2000, tercatat sudah ada 2 orang yang tinggal menetap di sana. Setiap ada pergantian awak, sejumlah awak lama dan baru ada disana. Selain itu juga ada paling tidak satu pengunjung.

Bagaimana Kondisi WC (Water Closet) di ISS?

Mengutip dari laman liputan6.com, Sabtu (07/01/ 2017), WC yang ada di ISS memiliki ukuran lubang dengan diameter 10 cm atau 4 inchi, mungkin saja ukuran ini dipilih disesuaikan dengan kondisi luar angkasa agar segala zat yang dimasukan kelubang tersebut terendapkan dan dapat dikelola dengan baik. Apabila astronot hendak buang air kecil disediakan selang agar saat proses buang air kecil tidak berceceran kemana-mana.

Apa saja fasilitas lainnya di ISS?

Untuk yang satu ini agar lebih jelasnya dan tidak boring silahkan lihat videonya di bawah ini:



https://id.wikipedia.org/Laman
http://tekno.liputan6.com/Laman
https://www.nasa.gov/Laman

Comments

Popular posts from this blog

Download Corel Draw X4 32 Bit Full Version

Download Houdini 4 Pro 32 & 64 Bit

Download Stockfish 8 32 & 64 Bit